Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan setelah install Xubuntu 18.04

Hal yang selalu ingin saya temukan di internet waktu dahulu adalah, Bagaimana cara memaksimalkan komputer saya?
Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya adalah karena saya baru saja migrasi dari Windows Operating system ke Ubuntu Operating System. Dan memang hal tersebut juga dicari oleh banyak orang. Meskipun Linux setelah kita install sudah bisa digunakan, namun selalu ada keingintahuan lagi atau bingung apa yang harus dilakukan seperti saya sebelumnya.

Kali saya akan berbagai tentang hal apa saja yang bisa kalian tambahkan kepada Xubuntu kalian saat baru saja fresh install.
Xubuntu merupakan distro Ubuntu dengan varian desktop environtment XFCE. berikut hal yang saya lakukan setelah install distro ini adalah sebagai berikut.
perlu dicatat sebenarnya ini bisa dilakukan di kebanyakan linux turunan Debian.


Karena saya ingin kustomisasi reposotori agar ketika saya melakukan update aaupun install aplikasi dari Software Center bisa cepat. maka saya mengganti repository dengan yang ada di Indonesia.
Caranya tinggal kalian buka software updates di menu > settings > software & updates lalu pilih server. repository yang sering saya gunakan adalah kambing atau unej

Setelah langakah ganti repository sudah selesai, kita tinggal update dan upgrade sistem. Meskipun cara ini di ubuntu 18.04 dan turunannya sudah update otomatis, tapi saya ingin melakukannya juga. hihihi. cara adalah tinggal kalian buka terminal dengan mencarinya di menu atau dengan menekan secara bersamaan ctrl+T. Kemudian tuliskan perintah di bawah ini dan enter.
sudo apt update
sudo apt upgrade

Jika kita ingin memutar file jenis Mp3 di Sistem kita, install software pendukung ekstra yang dibutuhkan. Beberapa format ilegal di beberapa negara, karena itu tidak disematkan dalam paket instalasi Linux. Namun jika kita ingin memasang, caranya adalah ketik perintah berikut di terminal.
sudo apt install ubuntu-restricted-extras
untuk kebutuhan pengolah kata, ada software LibreOffice yang sudah terinstall dalam paket. Klik menu dan jalankan softwarenya.

Sedangkan software sebagai kebutuhan menonton film di xubuntu, kalian bisa menggunakan vlc. Buka terminal dan ketikan perintah berikut.
sudo apt install vlc
kemudian untuk browser web, jikan kalian ingin terintegrasi dengan akun google, gunakan chromium.
sudo apt install chromium-browser
Yang suka dengan desain grafis, kamu bisa menggunakan Gimp untuk edit gambar dan inkscape untuk menggambar vektor. cara installnya adalah seperti berikut dalam terminal.
sudo apt install gimp inkscape

Kemudian dalam penggunaaan sehari-hari kalian bisa menggunakan tombol supper atau logo windows untuk membukan menu. caranya dengan membuka menu > ketikkan keyboard > tab application shortcut > cari xfce4-popup-whiskermenu > klik 2 kali > tekan logo windows

Jika kalian inginmengetahui data yang masuk dan keluar, gunakanlah applet network monitor.
menampilkan applet network monitor di panel.
- klik kanan di applet network indicator
- klik properties
- buka terminal
- ketik ip a
- masukan koneksi yang kamu pakai, misal wlp1s0 

Posting Komentar untuk "Panduan setelah install Xubuntu 18.04"