Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menginstall format .run di Xubuntu, Ubuntu dan turunannya

Ini adalah pengalaman saya saat mencoba menginstall file .run di ubuntu 18.04. Awalnya inginmencoba aplikasi alternatif untuk mengedit video di Linux. Stelah mendapatkan beberapa referensi, akhirnya ketemu dengan aplikasi Black Magic Fusion 9. Namun Saat ingin menjalankan aplikasi ini ternyata, filenya dalam bentuk format .run

Nah bagi teman-teman yan belum tahu bagaimana cara menginstall file run di linux bisa mengikuti cara yang saya berikan disini, yaitu dengan menginjinkan file.run agar dapat di eksekusi oleh system. 

Yang klaian lakukan pertama adalah dengan memberikan permission file menggunakan perintah di terminal. Buka terminal dengan cara Ctrl+T. Klik ls untuk memastikan nama filenya apa.


chmod x+ nama_file.run

Semisal saya menyimpan file di Downloads dan nama filenya adalah fusion9.run.
Saya akan menginstallnya dengan cara berikut:

cd ~/downloads
ls
chmod x+ fusion9.run
./fusion9.run

Sedangkan cara kedua adalah menggunakan perintah di file manajer. caranya dengan klik file fusion9.run di download > klik kanan > properties > klik tab permission dan centang allow executing file as program lalu jalankan.


Cara satu ataupun cara kedua sama-sama mudah dilakukan. Tinggal kalian pilih yang kalian suka. kalau saya lebih condong ke cara yang nomor dua karena mudah dilakukan. hihi.
namun jika yang sudah menguasai terminal saya kira lebih condong ke cara yang pertama, kan mereka sudah hafal perintahnya. hehehe.

Posting Komentar untuk "Menginstall format .run di Xubuntu, Ubuntu dan turunannya"