Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Palapa, Aplikasi Chat Masyarakat 5.0

Jika mendengar tentang society 5.0, apa yang ada dalam pikiran kalian?
Aku tidak akan membahas terkait masyarakat 5.0 ini, namun lebih pada aplikasi yang mendukung terkait teknologi tersebut

Akhir-akhir ini kontak di handphoneku memulai membuat akun Telegram. Hal ini terlihat karena setipa ada kontak yang mendaftar akan ada pemberitahuan dari telegram.
Tadi aku buka facebook, eh ada yang baru lagi tentang aplikasi chat, Namanya "Palapa". Melihat beberapa postingan pak Onno W. Purbo, aku mencoba mencari aplikasi ini dan menginstallnya di android redmi 2 prime milikku.

Aplikasi ini dikembangkan oleh start up lokal bernama Xecure IT. Kalian bisa mencoba mendownload aplikasi ini di google play store.

Aku kutip dari situs berita teknologi.bisnis.com, kata pendiri XecureIT, Gildas Deograt, yang juga merupakan Koordinator Forum Keamanan Siber dan Informasi (Formasi), tuturnya pengembangan Palapa didasari Standar Arsitektur Keamanan Tingkat Tinggi Informasi (SAKTTI) guna mendukung norma baru bekerja di mana pun dan transformasi digital bagi korporasi maupun institusi pemerintah, serta sebagai platform membangun masyarakat 5.0. 

Masih dari teknologi.bisnis.com, Pak Onno W. Purbo menekankan pentingnya bagi Indonesia sebagai negara yang besar untuk memiliki dan mengembangkan aplikasi percakapan lokal buatan dalam negeri.

Saat mengakses aplikasi tersebut di toko official android tersebut, sudah ada 1K+ download. Aku mendownload aplikasi ini sudah pada versi 2.1.2 yang diupdate pada 16 September 2020 kemarin.
Aplikasi ini sendiri dirilis pada tahun 2020 ini, tepatnya pada tanggal 21 Maret. Ini info di google play lho. Sebelum ke tampilan aplikasi chat ini, aku tulis dulu rangkuman keterangan aplikasi ini dari pengembang.

Tentang
Ditulis bahwa palapa adalah generasi lanjutan dari PeSankita Indonesia (PS). Aplikasi ini dirancang sebagai platform seluler yang aman untuk Society 5.0. Di Desain oleh XecureIT, yaitu perusahaan siber terkemuka di Indonesia dan tentunya bahwa aplikasi ini free open source software.

Fitur
Jika pada aplikasi whatsapp kita bisa memasukkan anggota grup sebanya ratusan, telegram sebanyak ratusan ribu, palapa dapat memasukkan anggota grup tidak terbatas. Kemudian untuk pengiriman file seperti dokumen, audio, video dan gambar, kita bisa mengirimnya hingga 100 MB. Lalu ucapkan selamat tinggal pembajakan oleh tangan-tangan teman yang jail saat hape tidak digunakan. Karena aplikasi ini terenkripsi di perangkat dan file cadangan.

Untuk yang punya data-data penting atau pesan rahasia yang pueenting banget, anda bisa merasa tenang karena semua video, telpon, vc dan chat di grup atau pribadi tidak diintip oleh pihak yang tidak berwenang, termasuk administrator palapa, karena mereka tidak dapat membacanya. Kalau anda berkecimpung di dunia umkm bagaimana iklan bisa muncul sesuai dengan riwayat anda dan yang paling relevan dengan yang anda minati, aplikasi ini akan sangat bagus. serta tidak ada lagi drama-darama pencurian data. wkwkwkwk.

Selain itu ada lagi catatan pribadi yang terenkripsi, jika ada yang screenshoot chat, otomatis aplikasi akan memberi tahu siapa yang melakukannya. Ada 3 jenis orang dalam grup yaitu Owner/pembuat grup, admin dan anggota. Amankan end-to-end key exchange, sehingga server palapa tidak memiliki akses ke key exchange. Algoritma enkripsi yang kuat ECC Curve25519 (keterangan), AES-256 (keteangan), dan HMAC-SHA-256 (keterangan).

Fitur Bisnis
- Sebagai platform yang aman untuk aplikasi mikro (native, satellite, web view).
- Pilihan label putih untuk bisnis tertentu dan kebutuhan keamanan tingkat yang lebih tinggi.
- Opsi server khusus untuk lingkungan ekosistem digital yang dekat.
- Dapat diintegrasikan dengan Xecure Data Exchange Ecosystem for Open.

untuk catatan dan discalimer silakan kunjungi pada keterangan pada playstore.

Tampilan dari aplikasi palapa ini bisa kalian lihat dibawah ini.

 




sedangkan dibawah ini adalah tampilan pertama aplikasi. ternyata kontakku belum ada yang download hehehe. Kalau mau menambahkan kontakku bisa source view kontakku.
kontakku: 082231654002



Sumber:
https://teknologi.bisnis.com/read/20200924/101/1295871/wah-indonesia-kini-punya-aplikasi-percakapan-lokal-bernama-palapa?fbclid=IwAR3M09WwKokxf8qC2uWv22IrvRJSMXapc4D71dI8FTMsNbuis24QHVtGeGE
https://play.google.com/store/apps/details?id=id.xecureworld.app

Posting Komentar untuk "Palapa, Aplikasi Chat Masyarakat 5.0"